Bahaya Operasi Batu Empedu

Bahaya Operasi Batu Empedu РMeski batu empedu itu bisa saja dilakukan dengan medis ( operasi ) tetap saja ada efek samping atau bahaya  pasca operasi batu empedu tersebut.

Bahaya Operasi Batu Empedu

Di dalam tubuh manusia terdapat kandung empedu yang mempunyai fungsi membantu tubuh dan mencerna lemak dengan mencerna dan melepas empedu ke usus kecil. Batu empedu biasanya terbentuk oleh kerasnya kolestrol yang tertimbun pada cairan empedu, hal tersebut diakibatkan oleh ketidak seimbangan antara kolestrol dan senyawa kimia.

Penyebab Kambuhnya Batu Empedu pasca Operasi

Meskipun telah terjadi pengangkatan batu empedu secara medis, namun sering terjadi sebagian orang mengeluh kenapa hal itu bisa terjadi. Ada beberapa alasan yang menyebabkan kambuhnya batu empedu setelah diangkat yaitu:

  • Berat badan yang berelebih, berat badan dapat mempengaruhi kambuhnya batu empedu hal itu disebabkan karena tidak adanya pantangan dalam mengkonsumsi makanan yang menyebabkan tingginya kadar kolestrol akibatnya hati lebih sulit untuk menguras kelebihan kolestrol tersebut.
  • Terlalu sering memakan telur dalam jumlah yang banyak ini disebabkan karena telur mempunyai kandungan kolestrol yang tinggi.
  • Adanya faktor genetika atau yang sering dikenal dengan keturunan.
  • Diabetes, agar tidak terjadi penyakit diabetes bisa dihindari dengan tidak membiasakan mengkonsumsi gula karena dapat berpengaruh pada lemak tubuh, dan hindari terlalu banyak duduk sebaiknya harus berolahraga secara teratur.
  • Gaya hidup yang kurang sehat, gaya hidup sehat sebaiknya kita lakukan karena yang paling utama untuk menghindari berbagai penyakit utamanya kita harus bisa menjaga hidup sehat kita jangan sampai penyakit mudah saja masuk ke dalam tubuh sebab antibodi kita lemah.
  • Diet yang terlalu berlebih, yang menyebabkan berat badan menurun dan mengakibatkan hati tidak bisa memproduksi dengan baik.

Bahaya Operasi Batu Empedu

Selain ingin hidup sehat tentu saja kita sebagai manusia ingin hidup normal seperti orang biasanya. Namun setelah melakukan operasi kantong empedu kita juga harus menjaga pola makan dan pola hidup kita supaya tidak terjadi lagi pengangkatan kantong empedu. Berikut ini adalah bahaya operasi batu empedu :

  1. Akan menambah penyakit baru, seperti penyakit maag dan lambung diakibatkan karena cairan empedu tidak berfungsi.
  2. Terganggunya sitem pencernaan karena  badan tidak dapat menyimpan cairan empedu yang mengakibatkan kurangnya zat yang dibutuhkan dalam proses makan.
  3. Perubahan pada bentuk tinja, hal ini terjadi akibat cairan empedu yang mengalir ke duodenum lebih banyak dan mengakibatkan tinja menjadi lunak.
  4. Kebocoran pada cairan empedu.
  5. Mengalami cidera di saluran empedu, diakibatkan karena adanya kebocoran pada saluran empedu hal tersebut dapat berakibat timbulnya rasa nyeri yang sangat hebat dan sangat membahayakan kesehatan.

 

Demikian penjelasan tentang Bahaya Operasi Batu Empedu.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *