Faktor Resiko Penyakit Batu Empedu

Faktor Resiko Batu EmpeduBatu empedu merupakan suatu kondisi yang terkadang tidak menimbulkan gejala dan akhirnya akibat penderita tidak mengetahui menimbulkan komplikasi. Siapa saja orang yang beresiko terkena batu empedu?untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Sebelum membahas topik utama, apakah anda sudah tahu apa itu batu empedu? batu empedu merupakan benda seperti batu yang ditemukan didalam kandung empedu berukuran sangat kecil atau bahkan sebesar bola golf. Gejala yang dirasakan penderita batu empedu biasanya mirip dengan sakit maag sehingga penderita tidak menyadari bahwa dia terkena batu empedu.

Terjadinya suatu penyakit yang masuk kedalam tubuh tidak hanya masuk begitu saja namun tentunya ada penyebab yang pasti. Saat ini penderita batu empedu semakin meningkat, hal ini diakibatkan karena adanya pola hidup yang buruk seperti mengkonsumsi makanan saji secara berlebih. Selain itu batu empedu dapat mengalami peningkatan karena beberapa faktor dibawah ini :

  1. Usia.
    Orang yang berusia 40 tahun keatas memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit batu empedu. Hal ini disebabkan karena penurunan fungsi pencernaan seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu juga dapat disebabkan karena penurunan aktivitas fisik seperti olahraga.
  2. Riwayat keluarga.
    Jika anda memiliki keturunan keluarga atau orangtua dengan penyakit batu empedu maka anda juga memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk terkena batu empedu. Untuk mencegahnya anda bisa melakukan olahraga dan menjaga pola makan serta pola hidup yang sehat.
  3. Kehamilan.
    Resiko terjadinya batu empedu pada saat kehamilan akan terjadi pada kehamilan trimester ketiga. Selain itu juga semakin sering anda melahirkan maka akan semakin tinggi juga anda beresiko terkena batu empedu terutama pada usia muda.
  4. Penurunan berat badan secara drastis.
    Hal ini bisa disebabkan karena meningkatnya metabolisme lemak sehingga mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol didalam darah dan dihati.
  5. Perempuan.
    Perempuan merupakan salah satu faktor resiko peningkatan batu empedu yang lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Oleh karena itu untuk mencegahnya olahraga secara teratur dan jangan menunda makan.

Demikian penjelasan tentang faktor resiko batu empedu semoga bermanfaat dan semoga informasi yang kami berikan dapat membantu anda untuk mencegah batu empedu.


One thought to “Faktor Resiko Penyakit Batu Empedu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *