Gejala Batu Empedu Mirip Dengan Sakit Maag, Apa Bedanya?

Perbedaan Gejala Batu Empedu Dan Maag – Memang gejala batu empedu hampir mirip dengan maag, namun perlu anda ketahui bahwa dua hal tersebut sangatlah berbeda. Apa saja perbedaan dari keduanya?untuk lebih jelas, simak ulasannya dibawah ini.

Batu empedu merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat. Banyak yang mengira bahwa penderita batu empedu tidak menyadari  dan mengira bahwa sakit yang dideritanya hanyalah sakit maag biasa. Sakit maag biasanya ditandai dengan gejala nyeri ulu hati,mual,muntah, dan tidak nafsu makan.

Gejala diatas mungkin anda kira sebagai penyakit maag biasa, namun tanda tersebut bisa menjadi pertanda penyakit batu empedu. Bagaimana cara membedakan batu empedu dan maag?berikut adalah beberapa perbedaan dari sakit maag dan batu empedu.

Perbedaan Gejala Batu Empedu Dan Sakit Maag

Gejala Batu Empedu Mirip Dengan Sakit Maag, Apa Bedanya?
  1. Dari gejala ulu hati, gejala maag yang paling umum ditemui adalah nyeri ulu hati, disertai mual, dan muntah yang terasa asam atau pahit. Penyakit batu empedu juga dapat menyebabkan gejala batu empedu seperti  ulu hati namun lokasinya hanya pada daerah perut kanan atas yang menjalar sampai ke pinggang, punggung, bahkan kadang sampai ke bahu. Baca Juga : Penyebab Sakit Perut Kanan Atas Menjalar Hingga Punggung.
  2. Dari gejala pemicunya, pemicu batu empedu dapat disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang berlemak contohnya seperti santan, dan gorengan. Sedangkan sakit maag dapat dipicu oleh makanan yang berlemak ataupun tidak mengandung lemak yang akan menyebabkan asam lambung.
  3. Dari gejala yang menyertainya, batu empedu dapat menyebabkan perubahan pada warna urine dan faeses. Selain itu juga akan berpengaruh pada warna kulit dan pada warna kulit mata akibat kerusakan fungsi ginjal. Sedangkan pada sakit maag, gejala tersebut tidak akan ada.
  4. Pada penyakit maag penderita tidak dapat disembuhkan secara sempurna, penderita maag hanya mengkonsumsi obat yang digunakan untuk mengurangi rasa nyeri tanpa bisa menyembuhkan. Penderita dapat mencegah agar tidak kambuh dengan melakukan makan secara teratur atau mengurangi makanan yang bersifat pedas dan asam. Pada penyakit batu empedu penderita bisa disembuhkan dengan berbagai cara seperti pengobatan atau dengan operasi.

Demikian informasi tentang perbedaan penyakit batu empedu dan sakit maag biasa semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *