Jenis Makanan yang Aman dan Sehat untuk Pengidap Batu Empedu

Makanan Pengidap Batu Empedu – Orang yang mempunyai batu empedu tidak hanya memperhatikan pola hidup namun juga harus memperhatikan pola makan yang sehat. Apa saja makanan yang sehat untuk penderita batu empedu?Untuk lebih jelas, mari kita simak informasi dibawah ini.

Batu empedu merupakan suatu kondisi penyumbatan yang terjadi akibat penumpukan kolesterol atau juga cairan dari hati yang mengeras menjadi batu. Gejala batu empedu umumnya yaitu menimbulkan rasa nyeri pada perut, mual, muntah, dan masalah pencernaan.  Kondisi batu empedu sangatlah mengganggu penderita dan mengganggu aktivitas keseharian. Bagi anda yang mempunyai penyakit batu selain dengan mengkonsumsi obat, menjaga makanan juga penting bagi kesehatan.

Makanan Untuk Penderita Batu Empedu

Hasil gambar untuk Jenis Makanan yang Aman dan Sehat untuk Pengidap Batu Empedu

Penderita batu empedu harus selalu menjaga pola makan yang sangat teliti untuk menjaga kesehatan supaya tidak memperparah batu empedu sebaiknya konsumsi makanan berikut ini :

  1. Mengkonsumsi daging yang tidak mengandung lemak, untuk penderita batu empedu pilihlah makanan yang tidak mengandung lemak seperti ikan, sapi, atau daging yang masih segar atau dalam bentuk kaleng karena lemak yang terkandung cenderung sedikit dan lebih sehat.
  2. Sayur dan buah, bagi anda penderita batu empedu pilihlah buah dan sayur yang terbaik untuk anda konsumsi terutama makanan yang mengandung vitamin b, c, kalsium, anda bisa mendapatkan kandungan tersebut dari buah jeruk, stroberi, dan pepaya. Sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya cuci terlebih dahulu dengan air bersih yang mengalir.
  3. Susu yang bebas lemak, penderita batu empedu sebaiknya harus mengurangi konsumsi susu yang mengandung lemak, jika anda ingin mengkonsumsi susu pilihlah susu yang mengandung lemak rendah.
  4. Kacang-kacangan dan biji-bijian, kacang dan biji merupakan makanan yang mengandung serat, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Selain biji-bijian, anda juga bisa menikmati kacang seperti almond atau walnut.

Selain dengan mengkonsumsi makanan tersebut, penderita batu empedu juga dianjurkan untuk melakukan pola hidup yang sehat untuk menyeimbangkan antara pola makan dan pola hidup. Demikian informasi tentang makanan penderita batu empedu semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *