Pantangan Makanan Pasca Operasi Batu Empedu

Pantangan Makanan Pasca Operasi Batu Empedu – Meskipun sudah banyak obat penghancur batu empedu, namun tidak sedikit yang memilih operasi pengangkatan batu empedu dan tentu biaya dan resiko ( efek samping operasi ) sudah jadi perhitungan.

Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa batu empedu merupakan batuan kecil yang berasal dari kolesterolnya, dan terbentuk di saluran empedu manusia. Pada hampir sebagian besar kasus, batu empedu tidak menyebabkan gejala apapun.

Batu empedu sendiri diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah kolestrol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut. Maka sebab itu, selain melakukan pengobatan terhadap batu empedu, Anda juga harus menurun kadar kolesterol juga.

Gejala dapat muncul jika batu menyumbat saluran Kantung empedu ada saluran pencernaan lainnya. Gejala utama yang biasanya dialami adalah sakit perut yang datang secara tiba – tiba atau disebut dengan kolik Bilier.

Langkah Operasi Pengangkatan Batu Empedu

Pantangan Makanan Pasca Operasi Batu Empedu

Jika gejala yang Anda alami sangat parah, kantong empedu mungkin harus diangkat melalui operasi. Tetapi Anda tidak perlu takut karena kantong empedu tidak termasuk organ penting yang Anda harus miliki untuk bertahan hidup.

Operasi pengangkatan kantong empedu yang paling umum direkomendasikan adalah operasi ‘lubang kunci’ atau kolesistektomi laparoskopik. Pada operasi ini, dokter akan membuat satu sayatan berukuran 2-3 cm di sekitar pusar, dan dua hingga tiga sayatan dengan ukuran yang lebih kecil di sisi kanan perut. Operasi ini dilakukan dengan penerapan bius total, jadi Anda akan tertidur selama prosedur berlangsung sehingga tidak akan merasa sakit. Masa pemulihan yang dibutuhkan pasien biasanya sekitar 1-2 minggu.

Pantangan Makanan Pasca Operasi Batu Empedu Yang Perlu Dihindari Selama Pemulihan

Selain menkonsumsi obat-obatan, pasien juga dianjurkan untuk menghindari makanan maupun minuman yang dapat menghambat dan mengganggu dari kinerja obat. Untuk mempercepat kesembuhan, tentu setiap pasien harus menghindari pentangannya. Berikut pentangan makanan pasca operasi batu empedu :

  • Makanan yang digoreng
  • Daging tinggi lemak, seperti daging sapi dan tulang rusuk
  • Produk olahan susu tinggi lemak seperti keju, es krim, krim, susu, dan krim asam
  • Makanan olahan
  • Makanan instan
  • Mentega
  • Sup krim atau saus
  • Coklat
  • Telur
  • Kafein
  • Makanan yang terlalu manis
  • Makanan pedas
  • Makanan yang banyak mengandung gas seperti brokoli, kembang kol, kubis

Beberapa jenis makanan diatas bukan hanya pantangan makanan pasca operasi batu empedu ya ! Tapi pantangan ini juga berlaku bagi Anda yang saat ini menderita sakit akibat batu empedu.

Pada dasarnya jika seseorang terdiagnosa mempunyai penyakit batu empedu, maka penderita harus mengubah pola makan dengan hanya mengkonsumsi makanan rendah lemak dan juga menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Pantangan Makanan Pasca Operasi Batu Empedu

Info tambahan :

3 thoughts to “Pantangan Makanan Pasca Operasi Batu Empedu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *