Pengangkatan Kantung Empedu Dengan Operasi Laparoskopi

Pengangkatan Kantung Empedu Batu empedu merupakan batu yang terbentuk dalam kantung empedu. Batu empedu bisa diatasi berbagai hal salah satunya dengan operasi pengangkatan batu empedu yang mengalami masalah. Bagaimana saja persiapan dan prosedur operasi tersebut?untuk lebih jelas, mari kita simak artikel dibawah ini.

Kantung empeduĀ  berfungsi untuk membantu tubuh dalam mencerna lemak dengan cara menyimpan dan melepaskan empedu ke usus kecil bentuknya menyerupai dengan buah pir. Jika kandung empedu mengalami masalah, misalnya terdapat batu empedu salah satu penanganannya adalah mengangkat kandung empedu tersebut.

Operasi Pengangkatan Kantung Empedu

Pengangkatan Kantung Empedu Dengan Operasi Laparoskopi

Jika anda akan melakukan operasi pengangkatan kandung kemih untuk menyembuhkan batu empedu sebaiknya anda juga harus mengetahui perkiraan biaya operasi batu empedu supaya anda lebih mempersiapkannya dari sekarang. Operasi pengangkatan kandung kemih biasanya dilakukan dengan bius total dan berlangsung selama sekitar 1 jam oleh ahli bedah akan membuat beberapa sayatan kecil sekitar 1-1,5 cm di sekitar perut.

Persiapan Operasi Pengangkatan Kandung Empedu.

Setelah disarankan untuk melakukan operasi pengangkatan kantung empedu, dokter akan memeriksa riwayat kesehatan pasien. Persiapan lainnya yang akan dilakukan sebelum menjalani kolesistektomi laparoskopik adalah:

  1. Melakukan puasa sebelum prosedur dilaksanakan.
  2. Mandi menggunakan sabun antiseptik.
  3. Meminta keluarga untuk mengantar dan menjemput pasien, serta menunggu pada saat operasi dan perawatan pasca operasi.
  4. Konsumsi obat pencahar.

Prosedur Operasi Pengangkatan Kandung Empedu.

Pada saat akan menjalankan operasi pasien diminta terlebih dahulu untuk mengganti pakaiannya dengan pakaian rumah sakit. Pasien akan dipasang selang infus untuk menyalurkan obat yang diperlukan selama operasi seperti obat bius total. Operasi tersebut dimulai dengan membuat 4 sayatan kulit pada perut pasien sebesar lubang kunci, dekat dengan kandung empedu. Irisan kulit tersebut akan dimasukan alat laparoskopi yang berupa selang berkamera untuk memudahkan prosedur operasi pasien akan dimasukan gas kedalam rongga perut sehingga mengebung.

Jika peralatan yang dibutuhkan sudah berada pada posisi yang tepat, dokter akan memotong dan mengangkat kandung empedu. Setelah prosedur pengangkatan kandung empedu selesai, dokter akan memeriksa kondisi kandung empedu kembali dengan menggunakan sinar Rontge. Setelah itu, dokter akan menutup kembali irisan kulit yang sudah dibuat dengan jahitan. Pasien yang sudah selesai menjalani operasi kemudian dibawa ke ruang perawatan untuk pemulihan.

Supaya penyembuhan berjalan dengan cepat pasien dianjurkan untuk menghindari pantangan makanan pasca operasi batu empedu. Selama penyembuhan juga pasien akan diberikan obat antibiotik untuk mencegah terjadinya komplikasi. Jika anda ingin mengobati batu empedu dengan alami anda bisa mengobatinya dengan obat herbal agaricpro. Kunjungi produk kami di : Toko Agaricpro

Demikian artikel tentang operasi pengangkatan kantung empedu semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *