Penyebab Sakit Perut Kanan Atas Menjalar Hingga Punggung

Penyebab Sakit Perut Kanan Atas Menjalar Hingga Punggung

Penyebab Sakit Perut Kanan Atas Menjalar Hingga Punggung – Ada beberapa jenis rasa sakit yang dapat terasa pada perut. Mulai dari sakit yang tidak mengganggu, kram, hingga rasa sakit tajam yang terasa menusuk. Selain itu, ada pula sakit perut yang perlahan-lahan bisa terasa tidak tertahankan, lalu mereda kembali. Kondisi ini juga perlu dicermati apakah rasa sakit menjalar ke arah tertentu beserta gejala lain yang mengiringinya.

Penyebab Sakit Perut Yang Menjalar Ke Arah Tertentu

Penyebab Sakit Perut Kanan Atas Menjalar Ke punggung

Jika mengalami sakit perut kanan atau kiri yang mejalar ke arah tertentu serta diiringi gejala lain, maka segera lakukan pemeriksaan ke badan kesehatan terdekat untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan sakit perut yang menjalar ke arah tertentu, diantaranya adalah :

  1. Radang usus buntu atau apendisitis.
    Kondisi ini terjadi ketika terjadi penyumbatan pada usus buntu akibat infeksi, sehingga terjadi pembengkakan yang perlu diatasi secepatnya. Apendisitis ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kanan bawah yang diiringi dengan mual, muntah, dan demam.
  2. Hepatitis.
    Rasa sakit di bagian kanan atas perut pada penderita hepatitis C diduga berkaitan dengan meningkatnya cairan dalam perut karena kinerja hati yang menurun dan akibat gangguan dalam pencernaan lemak dari makanan. Sakit perut bisa diiringi gejala-gejala lain, seperti mual, muntah, menurunnya selera makan serta warna feses yang pucat dan urine yang berwarna keruh.
  3. Kehamilan ektopik.
    Yaitu kehamilan yang terjadi di luar rahim, umumnya di bagian tuba fallopi. Sakit yang dirasakan adalah di bagian bawah perut sebelah kanan, tapi juga dapat terasa di bagian kiri. Rasa sakit tergantung kepada di mana posisi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.
  4. Kista ovarium.
    Kista yang terbentuk di dalam rahim merupakan salah satu alasan infertilitas, selain itu dapat menyebabkan kanker ovarium. Rasa sakit yang dikeluhkan beragam, mulai dari rasa sakit tingkat menengah hingga tingkat parah pada perut sebelah kanan bagian bawah. Rasa sakit itu kemudian dapat menyebar ke perut bagian bawah dan selangkangan atau pangkal paha.
  5. Batu empedu. Batu ini terbentuk di dalam kantong empedu. Ada batu empedu kolesterol dan batu empedu pigmen yang berwarna coklat atau hitam. Batu empedu merupakan penyebab sakit perut kanan menjalar hingga punggung bagian atas, bah dan dada. Selain itu, bisa diiringi gejala mual dan muntah.

Nah itulah 5 penyebab sakit perut yang menjalar dan salah satunya adalah jawaban yang Anda cari di google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *